Sabtu, 20 Oktober 2012

BATIK

Hai teenagers! gimana akhir pekan kalian?
Sudah memakai batik belum di minggu ini? hehehe
pastinya harus dong,  batik kan saat ini sudah menjadi primadona sebagai busana ciri khas budaya Indonesia. 
Semua orang mengenal batik sebagai produk budaya asli Indonesia setelah keris, wayang dan saat ini mendapat pengakuan Internasional dari Unesco sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada tanggal 2 Oktober, 2009 di Abu Dhabi. wah..

Ngomong ngomong, kalian tau gak sih sejarah awal mulanya batik dan perkembangannya hingga seperti sekarang ini? yuk, simak yang satu ini!





Batik secara historis berasal dari zaman nenek moyang yang dikenal sejak abad XVII.
Awalnya, batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar kraton dan dikerjakan ditempatnya masing-masing.
lambat laun, kesenian batik ini ditiru oleh rakyat terdekat dan meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu luang. Lalu, batik yang tadinya cuman pakaian keluarga istana, kemudian menjadi pakaian rakyat yang digemari, baik wanita maupun pria.



Bahan kain putih yang dipergunakan waktu itu adalah hasil tenunan sendiri. Sedangkan, bahan-bahan pewarna yang dipakai terdiri dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang dibuat sendiri yaitu : pohon mengkudu, tinggi, soga, nila, dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanah lumpur.


Dalam sejarah perkembangannya batik mengalami perkembangan, yaitu dari corak-corak lukisan binatang dan tanaman lama lama jadi motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan lain lain. Lalu, melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian, muncul seni batik tulis yang kayak kita kenal sekarang ini guys..


Jenis dan corak batik tradisional tergolong banyak lho guys, tapi corak dan variasinya sesuai dengan filosofi dan budaya masing-masing daerah yang amat beragam.

Khasanah budaya Bangsa Indonesia yang begitu kaya, telah mendorong lahirnya berbagai corak dan jenis batik tradisioanal dengan ciri khas-nya sendiri sendiri. 
berikut ini kami share jenis jenis corak batik yang terkenal di Indonesia~


-BATIK KRATON-


awal mula dari semua jenis batik yang berkembang di Indonesia. Motifnya bermakna filosofi hidup. Batik-batik ini dibuat oleh para putri kraton dan juga pembatik-pembatik ahli yang hidup di lingkungan kraton. Pada dasarnya, motifnya terlarang untuk digunakan oleh orang “biasa” seperti motif Batik Parang Barong, Batik Parang Rusak termasuk Batik Udan Liris, dan beberapa motif lainnya. 


-BATIK KAWUNG-


Motif Kawung berpola bulatan mirip buah Kawung (sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai buah kolang-kaling) yang ditata rapi secara geometris. Kadang, motif ini juga diinterpretasikan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar daun bunga yang merekah. Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian. Biasanya motif-motif Kawung diberi nama berdasarkan besar-kecilnya bentuk bulat-lonjong yang terdapat dalam suatu motif tertentu.


-BATIK CIREBON-


Motif yang biasa disebut megamendung ini, pada awalnya selalu berunsurkan warna biru diselingi warna merah menggambarkan maskulinitas dan suasana dinamis, karena dalam proses pembuatannya ada campur tangan laki-laki. Kaum laki-laki anggota tardekatlah yang pada awalnya merintis tradisi batik. Warna biru dan merah tua juga menggambarkan psikologi masyarakat pesisir yang lugas, terbuka dan egaliter. hem..


Guys,berikut ini beberapa tokoh tokoh dunia yang memakai batik. wah.. kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga nih teenagers!

Bill Gates (Penemu microsoft windows dan orang terkaya di dunia)

Nelson Mandela (Bapak bangsa Afrika)

para presiden presiden di dunia


Ayo teenagers! ini saatnya generasi muda Nusantara Indonesia yang wajib menjaga kelestarian BATIK, kalo bukan kita, siapa lagi? sebagai generasi pelopor Bangsa Indonesia, jangan malu malu untuk memakai baju batik ya teenagers.. :)

sekian dulu ya post dari kami, semoga bermanfaat bagi kalian!
wassalamualaikum wr.wb :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar