Kamis, 18 Oktober 2012

Tarian sakral Indonesia


hello teenagers! 
kali ini kami mau share nih tentang salah satu kesenian budaya Indonesia yaitu...tarian!
kalian pasti tau kan tari-tarian di Indonesia banyak dan beragam dari yang susah sampai gampang pun ada . tapi kalian tau gak tari-tarian sakral nan misterius asli dari Negara tercinta kita ini .? Tarian sakral itu sendiri mempunyai arti tari-tarian yang mempunyai arti khusus dan makna khusus , biasanya dalam suatu tarian sakral memiliki kekuatan gaib wuih serem ya , yuk langsung aja kita lihat beberapa contoh tarian sakral Indonesia!

·         -TARI BEDHAYA KETAWANG-

Tari Bedhaya Ketawang ini merupakan tarian sakral putri Surakarta , dimana hanya dapat dipentaskan setahun sekali saat penobatan Raja  dan latihannya hanya hari tertentu . penarinya berjumlah 9 orang . Konon , Konon katanya nih guys, saat tari tersebut disajikan, Kanjeng Ratu Kidul ikut menari dengan busana pengantin putri basahan dan sangat cantik. 
Tapi cuman orang tertentu yang bisa melihatnya.  Girls berminat gak jadi penarinya ? kapan lagi coba bisa nari bareng Kanjeng Nyi Roro Kidul hihihihi ^_^





hmm..cantik cantik ya penarinya!

Oiya guys, Tari Bedhaya Ketawang ini melambangkan curahan cinta asmara Kangjeng Ratu kepada Sinuhun Sultan Agung. Semua itu terlukis dalam gerak-gerik tangan serta seluruh bagian tubuh, cara memegang sondher dan lainnya.
tapi, demikian cetusan segala lambang itu telah dibuat demikian halusnya, sampai sampai mata awam kadang-kadang sulit memahaminya. hem..


Yang mau liat gimana tariannya, bisa di liat aja lewat video yang kami share :D 



-TARI SANGHYANG DEDARI-

Tarian yang berasal dari Bali ini cukup ekstrem loh guys , soalnya saat menarikan tarian ini kita akan dimasukkan roh yang dimaksudkan untuk menolak bala . kokbisa ya?
Masyarakat Bali yang mayoritas penduduknya beragama Hindu sangat percaya dengan adanya roh halus dan jahat serta alam yang mengandung kekuatan magis! Untuk mengimbangi dan menetralisir keadaan tersebut,maka masyarakat sekitar mengadakan upacara yang dilengkapi dengan tari-tarian yang bersifat religius.
Salah satu dari sekian banyak tarian religius yang ada pada masyarakat Bali adalah Tari Sanghyang ini.


Tari sanghyang adalah suatu tarian sakral yang berfungsi sebagai pelengkap upacara untuk mengusir wabah penyakit yang sedang melanda suatu desa atau daerah. 
Selain untuk mengusir wabah penyakit, tarian ini juga digunakan sebagai sarana pelindung terhadap ancaman dari kekuatan ilmu hitam atau bisa disebut black magic. hem...


Tarian ini harus dilakukan oleh gadis yang belum akhil balig, dan tidak dimaksudkan untuk pertunjukkan tetapi melainkan untuk pacara suci .hem gimana ya rasanya mau nari tapi dimasukkan roh dulu ? hiiiiiii



Yang mau liat gimana tariannya, bisa di liat aja lewat video yang kami share :D 


oke teenagers! sekian dulu postingan artikel kami kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian! 
tunggu posting posting kami selanjutnya ya.. :)
wassalamualaikum wr.wb :)

2 komentar:

  1. Menajubkan....
    Emang budaya kita penuh dengan keanekragaman
    .......... :) :)

    BalasHapus